Rabu, 23 November 2011

OPEN OFFICE

Mengenal aplikasi open office
Sebagai pengguna komputer entah pemula ataupun mahir pasti mengenal aplikasi Office, atau software komputer yang umumnya digunakan untuk keperlukan perkantoran, seperti untuk membuat data berupa surat surat, makalah, karya tulis, ataupun untuk mengelola laporan keuangan. Microsoft office merupakan salah satu Aplikasi Office paling populer dari dulu sampai sekarang, microsoft office menawarkan fasilitas fasilitas yang canggih dan pengoperasiaan yang cukup mudah untuk keperluan pengolahan data perkantoran. pada awalnya microsoft office hanya menyediakan microsoft word, microsoft excel, microsoft powerpoint dan microsoft access, dan seiring dengan berjalannya waktu microsoft office telah ditambahkan beberapa program yang manfaatnya lebih dari sekedar untuk keperluan perkantoran, seperti microsoft publisher, dan lain-lain. Microsoft office memang mempunyai banyak sekali kelebihan, tapi microsoft office merupakan software berbayar, dan harganya pun lumayan mahal. harga terakhir microsoft office 2007 standard, yang saya ketahui dari salah satu penjual software asli adalah Rp. 3.533.500 (lisensi 1 komputer artinya hanya diijinkan untuk diinstall pada satu komputer saja). Mungkin anda bisa saja menggunakan microsoft office tanpa harus membeli mahal, yaitu dengan mengkopinya, atau istilah kerennya adalah membajaknya. Tapi tentu saja tindakan itu adalah melanggar hukum.
Bagi anda yang tertarik dengan Aplikasi Office yang bisa digunakan dengan gratis tanpa melanggar hukum, bisa mencoba Aplikasi OpenOffice.org. Aplikasi OpenOffice.org merupakan aplikasi atau software yang digunakan untuk keperluan perkantoran seperti microsoft office. pada Open Office terdapat open office presentation (mirip seperti powerpoint), open office spreadsheet (mirip seperti excel), dan open office Word Processor (seperti word). Open office ini tidak diciptakan oleh microsoft, tapi diciptakan oleh Sun Microsystem.
berikut ini adalah beberapa screenshoot sofware atau aplikasi Open Office
jendela tampilan about openoffice.org
mengenal aplikasi open office
OPEN OFFICE WRITER

OpenOffice.org Writer
OOoWriter.svg
OpenOffice.org Writer.png
Pengembang Sun Microsystems, komunitas
Versi rilis terbaru 3.0.1 / Januari 27, 2009; 2 tahun yang lalu
Jenis Pengolah kata
Lisensi GNU Lesser General Public Licence
Situs web www.openoffice.org
OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
jendel OpenOffice.org writer mirip dengan microsoft word
mengenal aplikasi open office
OPEN OFFICE CALC
 
Calc-big.png
CALC
Pengembang Sun Microsystems, komunitas
Versi rilis terbaru 3.2 / Januari 27, 2009; 2 tahun yang lalu
Sistem operasi Windows, Linux
Jenis Spreadsheet
Lisensi GNU Lesser General Public Licence
Situs web [1]
Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.
jendel OpenOffice.org calc mirip dengan microsoft excell
mengenal aplikasi open office

OPEN OFFICE BASE

OpenOffice.org Base
Base-big.png
BASE
Pengembang Sun Microsystems, komunitas
Versi rilis terbaru 3.2 / Januari 27, 2009; 2 tahun yang lalu
Sistem operasi Windows, Linux
Jenis Database
Lisensi GNU Lesser General Public Licence
Situs web [1]
 Openoffice.Org Base atau dikenal dengan sebutan BASE saja adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini.

jika kamu tertarik untuk mencobanya silahkan klik di sini untuk mendownload nya atau melalui situs resminya di openoffice.org, selamat mencoba.

untuk tutorial OpenOffice.org silahkan download di sini

 Artikel dari : Belajar Komputer , wikipedia